Indonesia Pimpin Kelompok Kerja Perdagangan di Rangkaian PTM FEALAC

By Admin

nusakini.com--Delegasi Indonesia mengawali partisipasinya pada rangkaian kegiatan Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) ke-8 Forum for East Asia – Latin America Cooperation (FEALAC) di Busan, Korea Selatan, dengan mengikuti Pertemuan Coordination Meeting dan empat Working Groups (WG). Delegasi RI dipimpin oleh Dewi Gustina Tobing, Direktur Kerja Sama Intrakawasan dan Antarkawasan Amerika dan Eropa, Kementerian Luar Negeri RI, sebagai Alternate FEALAC SOM Leader-Indonesia. 

Pertemuan Coordination Meeting membahas mengenai persiapan dan draft dokumen yang akan dihasilkan pada PTM ke-8 FEALAC pada hari ini. Rencananya akan dihadiri juga oleh Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi. 

Sementara itu, keempat WG tersebut terdiri dari Socio-Political Cooperation and Sustainable Development/SPCSD; Trade, Investment, Tourism and MSMEs/TITM; Culture, Youth, Gender and Sports/CYGS; Science, Technology, Innovation and Education/STIE. 

Pertemuan Working Groups membahas proyek-proyek yang telah dilaksanakan oleh negara-negara anggota FEALAC sejak tahun 2015, proyek usulan baru tahun 2017, serta usulan pemilihan Co-Chairs WG periode 2017-2019. 

Saat ini Indonesia menjabat sebagai Co-Chairs WG TITM periode 2015-2017 mewakili kawasan Asia Timur, bersama dengan Honduras yang mewakili kawasan Amerika Latin. 

“FEALAC saat ini mewakili 38 persen ekonomi dunia dan 33 persen perdagangan global. FEALAC perlu memaksimalkan peluang ekonomi yang tersedia di kedua kawasan,” kata Dewi Gustina Tobing saat membuka Pertemuan WG TITM. 

Seluruh hasil pembahasan dalam pertemuan pendahuluan akan dibahas lebih lanjut dalam FEALAC Seniors’ Officials Meeting (SOM) hari ini (30/8). 

Pertemuan Tingkat Menteri (PTM) ke-8 Forum for East Asia – Latin America Cooperation (FEALAC) dan rangkaian kegiatannya diselenggarakan pada tanggal 29 Agustus – 1 September 2017 di Busan, Korea Selatan. Korea Selatan selaku tuan rumah merupakan Koordinator Regional FEALAC kawasan Asia Timur bersama dengan Guatemala selaku Koordinator Regional FEALAC kawasan Amerika Latin periode 2015-2017. 

FEALAC merupakan satu-satunya organisasi yang menghubungkan kawasan Asia Timur dan Amerika Latin. FEALAC dibentuk sejak tahun 1999 dan saat ini beranggotakan 36 negara; 16 negara kawasan Asia Timur dan 20 negara kawasan Amerika Latin. Proyek-proyek dalam kerangka kerja sama FEALAC bertujuan untuk mempererat hubungan antara kedua kawasan antara lain melalui kerja sama ekonomi, perdagangan, investasi, transportasi maupun people-to-people. (p/ab)